.

Monday, February 22, 2010

Peletakan Batu Pertama Sawahlunto Dream Land

Sawahluhnto Dream Land adalah nama wahana wisata baru yang akan didirikan di Sawahlunto, lokasinya berada di sekitar Kawasan Wisata Kandi tepatnya di sebelah arena motor cross, Sangkar Puyuh.

Sawahlunto Dream Land dibangun dan dikelola murni 100% oleh pihak swasta. Adalah seorang putra daerah Sawahlunto yang memiliki aset dan berpartisipasi dalam memajukan pariwisata di Sawahlunto. Acup Virdana, direktur utama CV. Acron Vega Perdana menanamkan modal dengan berencana membangun Sawahlunto Dream Land. Pembangunan akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap awal adalah mendirikan 9 wahana permainan yang membutuhkan areal seluas 7 ha dari 20 ha luas keseluruhan yang direncanakan (daftar wahana yang akan dibangun). Salah satu wahana wisata yang pertama kali akan dibangun adalah Lampion Park, dalam hal ini mengusung tema Little Europe. Dibangun di atas tanah seluas 8000 m2.

Sedikit gambaran, Lampion Park adalah sebuah paparan kecil seperti negara yang ada di Eropa. Kita akan dibawa dalam suasana yang berbeda, seakan berada di salah satu negara Eropa. Dengan disuguhi miniatur menara Eiffel kita bisa bersantai di cafe yang hangat, menikmati taman yang indah diantara lampu-lampu lampion di sepanjang jalan berpaving yang bersih. Terdapat juga Kidzone serta danau buatan.

Diperkirakan Sawahlunto Dream Land ini adalah wahana wisata terbesar di Pulau Sumatera. Sedangkan Lampion Park adalah wahana kedua di Indonesia setelah pembangunan di daerah Batu, Malang (Batu Night Spectacular/BNS). Diperkirakan pembangunan tahap awal akan selesai pada Bulan Juli 2010.

Kehadiran Sawahlunto Dream Land ini tentu saja akan semakin meramaikan kancah pariwisata di Sawahlunto. Dengan harapan hal tersebut akan memberikan multiplier effect, yaitu diiringi dengan peningkatan taraf ekonomi penduduk sekitar, dan juga penyerapan tenaga kerja. Ke depannya apabila pengelolaan wisata ini konsisten dan profesional akan menjadi prospek bagi kota Sawahlunto sebagai tujuan wisata utama di Sumatera Barat. Selanjutnya partisipasi dan dukungan masyarakat akan sangat penting bagi perkembangan pariwisata di Sawahlunto.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan copy paste dan jangan lupa mencantumkan sumbernya

2 comments:

Anonymous said...

Maju terus....blognya membantu saya mencari info

Yasmen caniago said...

Terimakasih atas dukungan dan kunjungannya.

Post a Comment

Pembaca yang budiman tentunya masih banyak kekurangan dengan artikel yang saya tulis ini. Sehingga saya akan sangat senang dan berterima kasih dengan saran, pertanyaan maupun kritik yang membangun. SAYA TUNGGU KOMENTAR PEMBACA SEMUA...